Kamis, 04 Februari 2010

Ponsel Blackbery, kelemahan dan keunggulannya

Sebagian masyarakat di Indonesia memang latah dalam hal gaya hidup demikian juga dalam hal teknologi. Ketika Nokia 6600 banyak dipakai oleh artis, masyarakat pun mengikutinya hingga menyebabkan ponsel ini mendapatkan gelar ponsel sejuta umat. Ketika Nokia 9500 akan direalese orang-orang pada ngantri dan rela membayar 13 juta untuk mendapatkan ponsel ini. Padahal harga aslinya cuma 10 jutaan rupiah. Dan sekarang ketika para artis mulai menggunakan Blackbery orang-orang juga ikut latah dengan membeli ponsel yang dikhususkan untuk maniak email ini

Harga yang selangit bukan halangan bagi mereka yang berduit untuk memilikinya. Bahkan untuk memuaskan nafsu mereka yang ngebet ingin memiliki namun belum ada uang, sebuah provider menyediakan cicilan untuk memiliki ponsel Blackbery. Padahal kalau dihitung-hitung jatuhnya lebih mahal dibandingkan beli secara langsung.

Tidak berlebihan rasanya kalau popularitas Blackberry saat ini sudah menyaingi popularitas Nokia Communicator yang telah menjadi identitas untuk menunjukkan kesuksesan orang dalam dunia bisnis.

Tetapi apakah masyarakat tahu apa kelebihan dan kelemahan Blackbery? Atau masyarakat hanya melihat kelebihan Blackbery dari sisi kepopuleran dan bentuknya yang cocok untuk pebisnis saja? Tetapi menutup mata (tidak mau tahu) terhadap kekurangan Blackbery?

Agar tidak terjebak dalam bahaya latah dan nantinya malah kecewa di belakang maka coba cari tahu dulu apa kelebihan dan kelemahan Blackbery Ingat harga Blackbery seri apapun tidak ada yang murah lho.

Kelebihan
Kelebihan Blackbery tentu saja terletak pada akses email yang on time. Begitu ada email masuk ke inbox maka otomatis Anda akan mendapatkan notifikasi, seperti halnya sms. Jadi Anda tidak perlu klik check (download) email dulu atau buka webmail, login, dan melihat ada email baru atau tidak.

Blackbery menawarkan layanan internet yang disebut Blackbery Enterprice Service (BES) untuk perusahaan dan Blackbery Internet Service (BIS) untuk personal. Layanan ini digunakan untuk keperluan email, browsing, atau menggunakan beberapa layanan yang berhubungan dengan internet yang disediakan Blackbery.

Walaupun kecepatan internetnya hanya GPRS namun kecepatannya lebih cepat dari GPRS. Hal ini terjadi karena email, browsing, atau akses internet melalui BES atau BIS telah melalui proses kompresi sehingga akses bisa lebih cepat. Namun jika menggunakan jalur GPRS maka kecepatannya juga setara dengan akses GPRS menggunakan ponsel merk lainnya.

Kelemahan
Nah, kelemahannya terletak pada harga layanan internet yang cukup mahal (untuk saat ini). Selain itu harga ponselnya juga mahal bila melihat pada feature yang ditawarkan. Kalau Anda cuma ingin merasakan email serasa SMS Anda bisa membeli ponsel bersistem operasi dengan harga yang lebih murah dan fasilitas lebih baik. Terus tinggal menambahkan jenis aplikasi push mail agar dapat menikmati email seperti di Blackbery.

Kelemahan Blackbery lainnya terletak pada kode pengaman yaitu kombinasi PIN dengan nomor IMEI. Kode ini berguna untuk mendaftar ke layanan mereka. Bila Anda membeli ponsel yang baru maka hal ini bukan masalah. Namun bila bekas, dan ternyata kombinasi PIN beserta nomor IMEI Anda diketahui hasil curian berarti Anda tidak dapat menggunakan layanan internet Blackberry selamanya. Oleh karena itu kalau membeli ponsel bekas, pastikan nomor PINnya telah dihapus dari layanan Blackberry. Kalau perlu minta surat pernyataan di atas materai dari toko penjual yang menerangkan kalau ponsel ini sudah tidak lagi terdaftar di layanan internet Blackbery.

Nah, melihat kelebihan dan kelemahan Blackbery tersebut kini keputusan ada di tangan Anda. Mau beli boleh maka tidak juga gak masalah. Jangan sampai Anda menyesal belakangan.

Kalau mau kasih ke saya juga gpp kok hehe…!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar